Ketahui Fungsi Priming Pump pada Mesin Diesel
Fungsi Priming pump atau fuel supply pump atau feed
pump, menjadi suatu komponen penyusun sistem bahan bakar mesin mobil
diesel.
Disebut sebagai priming karena tugas fungsi priming
pump ini adalah menyediakan bahan bakar untuk diteruskan ke pompa injeksi
(injection pump).
Ada dua jenis priming pump yang digunakan pada mobil
diesel sesuai tipe pompa injeksi yang digunakan, yaitu priming pump untuk tipe
in-line dan priming pump untuk tipe distributor. Untuk lebih memahami tentang
fungsi priming pump dan cara kerjanya, simak penjelasannya berikut ini.
Fungsi
priming pump
Pada dasarnya, fungsi priming
pump adalah mengambil bahan bakar dari tangki penyimpanan, kemudian menyalurkannya
menuju pompa injeksi.
Sebelum disalurkan ke pompa
injeksi, bahan bakar yang telah disedot oleh priming pump disaring terlebih
dulu melalui filter solar.
Priming pump berada di pompa
injeksi dan digerakkan oleh tenaga dari poros nok (cam shaft). Selain mengambil
bahan bakar, priming pump juga dapat berfungsi untuk mengeluarkan udara dari
sistem bakar yangs sudah tidak diperlukan
Hal ini diperlukan saat terdapat
gangguan pada pompa injeksi bahan bakar. Jika ada masalah dengan fungsi priming
pump, inilah alasan yang membuat mesin mobil bisa tiba-tiba mati mendadak.
Meski sebenarnya fungsi priming
pump serupa dengan pompa injeksi, komponen ini tidak tergantikan. Ini karena
pompa injeksi tidak dapat mengisi ruang bahan bakar dengan cukup saat mobil
melaju pada kecepatan tinggi.
Untuk itulah mobil membutuhkan
priming pump yang menyalurkan bahan bakar terus menerus meski pada saat
kecepatan tinggi.
Komponen-komponen penyusun priming pump di sistem bahan bakar
1. Priming pump piston
Komponen penyusun priming pump
(pompa priming) yang pertama adalah piston atau torak. Inilah komponen utama
yang memungkinkan priming pump mampu menyedot bahan bakar dari tangki penyimpanan.
Fungsi Piston membangkitkan
tekanan udara pada sistem kendaraan sehingga tangki penyimpanan masuk kondisi
vakum dan bahan bakar dapat tersedot masuk.
2. Check valve
Komponen selanjutnya adalah check valve atau katup periksa.
Fungsi dari check valve adalah mencegah terjadinya tekanan dari arah yang
berlawanan sehingga tidak terjadi aliran balik (backflow).
3. Filter
solar
Komponen penyusun priming pump yang terakhir adalah filter
solar. Fungsinya adalah menyaring bahan bakar dari tangki penyimpanan sebelum
disalurkan ke pompa injeksi mesin diesel. Dengan adanya filter ini, bahan bakar
yang masuk ke pompa injeksi pun benar-benar bersih.
Cara kerja
priming pump
Cara kerja priming pump
sebenarnya masih menggunakan mekanisme konvensional, tepatnya mengandalkan
bantuan tenaga manusia. Priming pump bekerja dengan merespon pada tekanan yang
diberikan pada pump handle.
Saat AutoFamily menekan pump
handle dengan tangan, maka diafragma sistem bahan bakar akan bergerak turun.
Outlet check valve dari priming pump pun terbuka sehingga bahan bakar dapat
mengalir. Di sisi lain, inlet valve menutup untuk mencegah aliran balik.
Sebaliknya, saat handle pump
dilepas, maka diafragma akan kembali pada posisi semula. Hilangnya tekanan ini
akan menghasilkan kondisi vakum. Outlet check valve pun tertutup dan inlet
valve terbuka. Bahan bakar masuk ke dalam sistem ruang pompa injeksi.
Fungsi priming pump pada mobil
berbahan bakar diesel ternyata amat vital. Tanpa adanya komponen ini, ruang
pompa injeksi tidak akan pernah terisi penuh dengan bahan bakar saat mobil
melaju dalam kecepatan tinggi.
LETAK PRIMING PUMP
Reference:
https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/fungsi-priming-pump#
Comments
Post a Comment