FUNGSI DAN LETAK PRIMING PUMP

Ketahui Fungsi Priming Pump pada Mesin Diesel

Fungsi Priming pump atau fuel supply pump atau feed pump, menjadi suatu komponen penyusun sistem bahan bakar mesin mobil diesel. 

Disebut sebagai priming karena tugas fungsi priming pump ini adalah menyediakan bahan bakar untuk diteruskan ke pompa injeksi (injection pump). 

Ada dua jenis priming pump yang digunakan pada mobil diesel sesuai tipe pompa injeksi yang digunakan, yaitu priming pump untuk tipe in-line dan priming pump untuk tipe distributor. Untuk lebih memahami tentang fungsi priming pump dan cara kerjanya, simak penjelasannya berikut ini.

Fungsi priming pump

Pada dasarnya, fungsi priming pump adalah mengambil bahan bakar dari tangki penyimpanan, kemudian menyalurkannya menuju pompa injeksi.

Sebelum disalurkan ke pompa injeksi, bahan bakar yang telah disedot oleh priming pump disaring terlebih dulu melalui filter solar.

Priming pump berada di pompa injeksi dan digerakkan oleh tenaga dari poros nok (cam shaft). Selain mengambil bahan bakar, priming pump juga dapat berfungsi untuk mengeluarkan udara dari sistem bakar yangs sudah tidak diperlukan

Hal ini diperlukan saat terdapat gangguan pada pompa injeksi bahan bakar. Jika ada masalah dengan fungsi priming pump, inilah alasan yang membuat mesin mobil bisa tiba-tiba mati mendadak.

Meski sebenarnya fungsi priming pump serupa dengan pompa injeksi, komponen ini tidak tergantikan. Ini karena pompa injeksi tidak dapat mengisi ruang bahan bakar dengan cukup saat mobil melaju pada kecepatan tinggi.

Untuk itulah mobil membutuhkan priming pump yang menyalurkan bahan bakar terus menerus meski pada saat kecepatan tinggi.

Komponen-komponen penyusun priming pump di sistem bahan bakar

1. Priming pump piston

Komponen penyusun priming pump (pompa priming) yang pertama adalah piston atau torak. Inilah komponen utama yang memungkinkan priming pump mampu menyedot bahan bakar dari tangki penyimpanan.

Fungsi Piston membangkitkan tekanan udara pada sistem kendaraan sehingga tangki penyimpanan masuk kondisi vakum dan bahan bakar dapat tersedot masuk.

2. Check valve

Komponen selanjutnya adalah check valve atau katup periksa. Fungsi dari check valve adalah mencegah terjadinya tekanan dari arah yang berlawanan sehingga tidak terjadi aliran balik (backflow).

3. Filter solar

Komponen penyusun priming pump yang terakhir adalah filter solar. Fungsinya adalah menyaring bahan bakar dari tangki penyimpanan sebelum disalurkan ke pompa injeksi mesin diesel. Dengan adanya filter ini, bahan bakar yang masuk ke pompa injeksi pun benar-benar bersih.

 

Cara kerja priming pump

Cara kerja priming pump sebenarnya masih menggunakan mekanisme konvensional, tepatnya mengandalkan bantuan tenaga manusia. Priming pump bekerja dengan merespon pada tekanan yang diberikan pada pump handle.

Saat AutoFamily menekan pump handle dengan tangan, maka diafragma sistem bahan bakar akan bergerak turun. Outlet check valve dari priming pump pun terbuka sehingga bahan bakar dapat mengalir. Di sisi lain, inlet valve menutup untuk mencegah aliran balik.

Sebaliknya, saat handle pump dilepas, maka diafragma akan kembali pada posisi semula. Hilangnya tekanan ini akan menghasilkan kondisi vakum. Outlet check valve pun tertutup dan inlet valve terbuka. Bahan bakar masuk ke dalam sistem ruang pompa injeksi.

Fungsi priming pump pada mobil berbahan bakar diesel ternyata amat vital. Tanpa adanya komponen ini, ruang pompa injeksi tidak akan pernah terisi penuh dengan bahan bakar saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

 

LETAK PRIMING PUMP



Reference:

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/fungsi-priming-pump#

Comments